Jumat, 08 Juli 2011

Kemenag Kota Depok Seleksi Keluarga Sakinah

DEPOK (Pos Kota) – Banyaknya kasus perceraian di kota Depok. Menjadi suatu perhatian khusus dari Kementrian Agama (Kemenag) kota Depok. Salah satu upayanya adalah dengan program, “keluarga sakinah teladan”. Penyeleksian dari 11 kecamatan jika ada yang berhasil menjadi juara akan dikirim ke tingkat propinsi Jawa Barat.
”Seleksi keluarga sakinah teladan, memang program dari kemenag. Ini memang juga sebagai upaya menekan angka perceraian yang cukup tinggi di Kota Depok. Mereka yang juara akan di kirim ke tingkat propinsi Jawa Barat. Tentunya, mereka juga akan menjadi teladan bagi masyarakat dan akan menjadi mediator perkawinan di Pengadilan Agama Depok”ujar Kepala Seksi Bimas Islam dan Perjalanan Haji Kemenag Kota Depok H. Ujang Supriyatna kepada Pos Kota.

Ujang mengatakan, banyaknya pernikahan di Depok seumur jagung yang akhirnya terjadi perceraian. Solusi untuk menekan perceraian dalam rumah tangga dengan menjadikan keluarga sakinah mawaddah wa rahmah.”Kita akan menjalankan serangkaian test di tingkat kecamatan masing-masing,” imbuhnya.
Menurutnya, untuk penilaian dalam seleksi keluarga sakinah teladan dilihat mulai dari kelengkapan administrasi, pembinaan keluarga dan lingkungan. Setiap peserta, diwajibkan menjalani serangkaian test tulis soal pengamalan nilai agama dalam keluarga, pembinaan anak, pengetahuan umum, dan lainnya.
Selain itu, sambungnya, juga dilakukan test lisan dihadapan para juri yang berasal dari unsur kemenag, PKK. “Syarat untuk menjadi peserta adalah pasangan suami istri yang telah menjalani pernikahan minimal selama 30 tahun,” tambahnya. “Peserta yang mengikuti berasal dari berbagai kalangan baik agamawan maupun umum.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar